Halaman

Sabtu, 18 Januari 2014

Musim Ketujuh (tahun 2001 - 2002)

MUSIM KETUJUH
Tahun 2001-2002

Inter Milan musim tahun 2001-2002

Musim 2001-2002 Inter dilatih oleh Hector Cuper, pelatih spesialis Runner-up, dimana saat itu mampu mengantar Valencia ke Liga Champions berturut-turut final. Dari awal musim hingga pekan ke-33 Inter berada di posisi teratas, namun beda 1 angka saja dengan Juventus, tim peringkat ke-2. Menyusul kemenangan 3-1 atas Roma dengan enam pertandingan tersisa.

Pertandingan terakhir, pekan ke 38, menjadi krusial sebab inter harus bertandang ke markas juara 2 musim sebelumnya, Lazio. Tentu ini sangat berat. Akhirnya ternyata sangat sial bagi Inter Milan dan interisti di seluruh dunia. Inter Takluk 4-2 sedangkan di pertandingan lain Juventus berhasil mengalahkan lawannya. Inter urung juara malah terperosok ke peringkat ke-3.

Ketika mengunjungi Lazio di Stadion Olimpico, Lazio memiliki musim yang mengerikan tetapi masih memiliki Kualifikasi Piala UEFA untuk bermain. Meskipun Inter memimpin 1-0 dan kemudian 2-1, Karel Poborský menyamakan kedudukan dua kali sebelum jeda. Di babak kedua , Inter runtuh sepenuhnya, Lazio mencetak dua gol, menang 4-2. Sehingga menyerahkan gelar juara kepada Juventus yang mendapatkan kemenangan di Udinese.

Inilah momen paling menyakitkan bagi interisti. Dan kemudian Inter sulit mencapai prestasi sebaik musim itu di Seri A.

Pada musim ini, Inter akhirnya memiliki kiper handal Francesco Toldo. Toldo mengawali karir di Milan dengan banyak status sebagai pemain pinjaman di beberapa klub seperti Hellas Verona FC, Trentino Calcio 1921 dan Ravenna Calcio, penjaga gawang bertinggi hampir 2 meter ini kemudian memilih bergabung dengan ACF Fiorentina. Dan delapan musim yang dilalui Toldo bersama klub tersebut berbuah manis dengan berbagai kemenangan termasuk dua kali menjuarai gelaran bergengsi Coppa Italia.

Materazzi

Materazzi adalah sosok yang fenomenal di Inter selain Javier Zanetti. Mantan pemain Perugia ini terkenal sebagai pemain yang nyentrik namun kecintaan dan loyalitas terhadap Nerazzurri. Marco Materazzi memulai karir sepak bola dengan FC Messina Peloro tim muda 1990-1991, lalu bermain di liga yang lebih rendah seperti Marsala, Trapani dan Carpi. Musim 1998-1999 ketika dia bermain di Liga Utama oleh klub Merseyside Everton lalu kembali ke Italia di Perugia.

Pada musim 2000-2001, Marco Materazzi mencetak 12 gol, memecahkan Daniel Passarella’s Serie A rekor gol terbanyak oleh seorang pemain dalam satu musim. dia kemudian ditandatangani oleh Inter Milan selama 10 juta euro di musim panas 2001.

Di Inter Milan, Marco Materazzi telah berkembang menjadi pemain bertahan seimbang, kuat dan tangguh dan baik di udara dengan sentuhan mencetak gol pada beberapa kesempatan.

Nama besar lain yang ditransfer oleh Inter Milan untuk menjadi punggawa baru adalah Sérgio Conçeicão, Emre Belözoğlu, Mohamed Kallon dan Obafemi Martins.

Di musim 2001 - 2002 Kallon yang harus bersaing dnegan beberapa punggawa lini depan inter seperti Vieri, Ronaldo, Recoba dan Nicola Ventola. Di awal musim ia diprediksi hanya akan duduk di bangku cadanga, namun ketika Ronaldo dan Recoba harus absen panjang karena cedera, Kallon menjadi duet maut dengan Vieri. Kallon mencetak 9 goal dari 29 pertandingan.

Yang unik adalah Mohamed Kallon pemilihan nomor punggung yang dia pakai di Inter Milan. Kallon mencuri perhatian di Inter Milan dan menggunakan nomor 3, angka yang tidak biasa untuk seorang penyerang.

Testimoni sang pelatih terhadap Zanetti:
"Javier Zanetti adalah salah satu pesepakbola profesional yang pernah saya latih. Dia sangat berdedikasi, jujur, pekerja keras dan seorang yang bertanggung jawab. Profesional dalam melayani tim dan saya tidak berbicara mengenai dia sebagai pemain namun sebagai seorang profesional dalam sebuah grup." Hector Cuper (2001-03)


Skuad Inter Milan tahun 2001



Susunan pemain Inter Milan 2001 – 2002

No.
Posisi
Nama Pemain
Kebangsaan
1
GK
Francesco Toldo
Italia
12
GK
Alberto Fontana
Italia
22
GK
Mathieu Moreau
Perancis
39
GK
Alex Cordaz
Italia
2
DF
Iván Córdoba
Colombia
4
DF
Javier Zanetti (captain)
Argentina
5
DF
Pasquale Padalino
Italia
13
DF
Dario Šimić
Kroasia
15
DF
Salvatore Ferraro
Italia
16
DF
Gonzalo Sorondo
Uruguay
17
DF
Michele Serena
Italia
21
DF
Grigorios Georgatos
Yunani
23
DF
Marco Materazzi
Italia
24
DF
Vratislav Gresko
Slovakia
31
DF
Nelson Vivas
Argentina
42
DF
Giovanni Pasquale
Italia
43
DF
Luca Perfetti
Italia
6
MF
Cristiano Zanetti
Italia
7
MF
Sérgio Conçeicão
Portugal
8
MF
Francisco Farinós
Spanyol
10
MF
Clarence Seedorf
Belanda
11
MF
Guly
Argentina
14
MF
Luigi Di Biagio
Italia
18
MF
Stéphane Dalmat
Perancis
19
MF
Nicola Beati
Italia
33
MF
Emre Belözoğlu
Turki
77
MF
Okan Buruk
Turki
3
FW
Mohamed Kallon
Pantai Gading
9
FW
Ronaldo
Brazil
20
FW
Álvaro Recoba
Uruguay
30
FW
Obafemi Martins
Nigeria
32
FW
Christian Vieri
Italia
78
FW
Nicola Ventola
Italia

FW
Goran Pandev
Macedonia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar